Laman

Friday, April 5, 2013

Goresan Pertama Depp Holmes's Story



Salam kenal,
         Dari perasingan malam di sudut Kota Geplak, perkenankan aku untuk mengenalkan diri, sebagai goresan pertama untuk memulai blogku yang baru ini. Tulisan ini saya dedikasikan untuk semua sahabatku, yang telah menginspirasi.
     Namaku Wahyu D. Purnomo. Saya tinggal di sebuah desa di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Ya Bantul, daerah yang terkenal dengan Pantai Parangtritisnya, dan tak jarang sahabatku menjuluki diriku dengan sebutan “wong mBantul” karena lekat dengan logat medoknya. Suatu saat akan ku ceritakan kejadian lucu karena gaya bahasaku ini pada sahabat semua.
          Di kota ini lah aku lahir dan dibesarkan hingga menjadi seorang mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa tentu tidak akan terlepas dari yang namanya tulis menulis, mulai dari tugas-tugas yang dikejar deadline hingga nanti di akhir studi menulis sebuah “kitab” yang namanya skripsi. Apalagi kuliahku saat ini di jurusan Sastra, tak pelak hari-hariku penuh dengan yang namanya tulisan.
        Ya, di sastra inilah aku mulai berfikir tentang dunia. Bagaimana tidak? Setiap harinya saja aku dijejali oleh karya-karya sastra yang ditulis oleh orang-orang hebat, yang tidak hanya di kenal di Indonesia, tetapi dunia. Mulai dari sahabtku sendiri yang menjuluki dirinya “pengamat budaya” hingga penyair dan sastrawan sekelas Chairil Anwar, W.S Rendra, Linus Suryadi, Sapardi Djoko Damono, Gunawan Muhammad, Seno Gumira Ajidarma, Ahmad Tohari, Pramudya Ananta Toer dan masih banyak lagi penulis hebat yang dikenal dunia.
           Mempunyai blog merupakan salah satu cara untuk mengenalkan tulisanku pada dunia. Aku akui, jika melihat aku ini mahasiswa semester 4, diriku ini sangat terlambat memulai blog. Namun tak apa, karana tak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baru itu. Setidaknya dengan blog ini, akan memacu diriku untuk lebih giat lagi menulis.
       Sahabatku yang mengaku dirinya “pengamat budaya” tadi adalah salah satu orang kawan yang menginspirasiku untuk memulai menggoreskan jejak di sebuah blog. Suatu saat akan aku ceritakan tentang dia. Sebenarnya aku masih belum tau, apa saja yang ingin kugoreskan diblog ku ini. Namun, setidaknya aku ingin mengubah kehidupanku yang selama hanya monoton begitu-begitu saja; menulis tugas-tugas kuliah muali dari komentar-komentar sederhana tentang karya sastra hingga kritik, esai dan makalah. Yang semuanya itu hanya tuntutan tugas kuliah.
           Dengan mempunyai blog inilah aku ingin mengubah kehidupanku selama ini. Aku ingin berbagi kisah-kisah inspiratif dalam kehidupanku, aku ingin mengukur kemampuan menulisku, dan masih banyak lagi yang ingin aku bagi kepada sahabat semua.
    Well, inilah salam perkenalanku, dan untuk itu malam ini Jumat, 5 April 2013 akan aku jadikan hari lahir bolg ku sendiri, yang ku beri nama Depp Holmes’s Story. Nama ini aku ambil dari nama panggilanku “Depp” dan nama belakang tokoh fiksi faforitku, dia adalah tokoh detektiv terkenal karangan Sir Arthur Conan Doyle “Sherlock Holmes”. Semoga dengan blog ini aku bisa memulai petualnganku seperti cerita petualangan menegangkanya Holmes. Terimaksaih, semoga bermanfaat.

Bantul, 5 April 2013, 18:47

No comments:

Post a Comment